Simamat : https://s.id/SiMamat
e-modul berisi video YouTube
2.Cek pemahaman
Diferensiasi proses utuk anak yang belum tuntas belajar
Pendekatan Open Ended
Karakteristik pembelajaran open ended
1. Terbuka, memiliki proses banyak cara untuk menyelesaikan masalah yang benar.
2. Hal akhirnya terbuka. Masalah itu memiliki banyak jawaban yang benar.
3. Cara pengembangan lanjutannya terbuka. Maksudnya ketika siswa telah menyelesaikan masalahnya, mereka dapat mengembangkan masalah baru yaitu dengan cara mengubah kondisi masalah sebelumnya.
Kelebihan dan kekurangan pendekatan open ended learning
Kelebihan
1. Peserta didik lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan sering mengekspresikan idenya.
2. Peserta didik lebih mempunyai kesempatan dalam memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan secara komprehensif.
3. Peserta didik dengan kemampuan rendah dapat merespon permasalahan dengan cara mereka sendiri.
4. Peserta didik secara intrinsik untuk memberikan bukti atau penjelasan.
5. Peserta didik memiliki banyak pengalaman u tuk menemukan sesuatu dalam menjawab masalah.
Kekurangan
1. Membuat dan menyiapkan masalah yang bermakna bukanlah suatu hal yang mudah bagi peserta didik.
2 . Mengemukakan suatu masalah yang lansung dapat dipahami peserta didik agak sulit , sehingga banyak yang kesulitan bagaimana merespon masalah yang diberikan.
3. Peserta didik dengan kemampuan agak tinggi merasa ragu dan mencemaskan jawaban mereka.
4. Pembelajaran tidak menyenangkan bagi peserta didik yang kesulitan.
3. Pemahaman lebih berharga dari pada sekedar mengetahui.
Guru inspiratif harus membuat suatu ide yang mudah dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Sehingga guru menjadi suatu yang ditunggu oleh siswa begitu sebaliknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar