Sabtu, 25 Februari 2023

Bedah Karya Juara


Sabtu, 25 Februari 2023

 Simamat :    https://s.id/SiMamat

 e-modul berisi video YouTube

2.Cek pemahaman

Diferensiasi proses utuk anak yang belum tuntas belajar


Pendekatan Open Ended

Karakteristik pembelajaran open ended

1. Terbuka, memiliki proses banyak cara untuk menyelesaikan masalah yang benar. 

2. Hal akhirnya terbuka. Masalah itu memiliki banyak jawaban yang benar. 

3. Cara pengembangan lanjutannya terbuka. Maksudnya ketika siswa telah menyelesaikan masalahnya, mereka dapat mengembangkan masalah baru yaitu dengan cara mengubah kondisi masalah sebelumnya. 

Kelebihan dan kekurangan pendekatan open ended learning

Kelebihan

1. Peserta didik lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan sering  mengekspresikan idenya. 

2.  Peserta didik lebih mempunyai kesempatan dalam memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan secara komprehensif. 

3. Peserta didik dengan kemampuan rendah dapat merespon permasalahan dengan cara mereka sendiri. 

4. Peserta didik secara intrinsik untuk memberikan  bukti atau penjelasan. 

5. Peserta didik memiliki banyak pengalaman u tuk menemukan sesuatu dalam menjawab  masalah. 

Kekurangan

1.  Membuat dan menyiapkan masalah yang bermakna bukanlah suatu hal yang mudah bagi peserta didik. 

2 . Mengemukakan suatu masalah yang lansung dapat dipahami  peserta didik agak sulit , sehingga banyak yang kesulitan bagaimana merespon masalah yang diberikan. 

3.  Peserta didik dengan kemampuan agak tinggi merasa  ragu dan mencemaskan jawaban mereka. 

 4. Pembelajaran tidak menyenangkan bagi peserta didik yang kesulitan. 

3. Pemahaman lebih berharga dari pada sekedar mengetahui. 

Guru inspiratif harus membuat suatu ide yang mudah dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Sehingga guru menjadi suatu yang ditunggu oleh siswa begitu sebaliknya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Guruku Tersayang Hari guru memang hari yang spesial bagi setiap individu. Karena setiap individu selalu berintegrasi mulai dari lahir. Mak...