Resume pertemuan 1
Judul : Model Inovatif dan Menarik di Era Digital
Hari : Senin, 25 Desember 2023
Nara sumber : Prof. Dr. Abna Hidayati, M. Pd ( Guru Besar Bidang Analisis Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNP)
Seiring dengan kemajuan di era digitalisasi guru harus Senantiasa melakukan perubahan-perubahan, misalnya dalam strategi, pendekatan, dan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran.
Perubahan dapat dilakukan dengan menerapkan berbagai model pembelajaran yang inovatif dengan memposisikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran( student centered)
Model pembelajaran inovatif dengan pendekatan SCL diantaranya
- Cooperative learning
- Collaborstive learning
- Contextual learning
- Project based learning
- Problem based learning dan inquiri
- Computer based learning
- Small group discussions
- Role play dan simulation
- Case study
- Discovery learning
- Sell directed learning
Pembelajaran Inovasi
Pembelajaran yang menginspirasi, membelajarkan, berpola baru, menyenangkan, dan bermanfaat bagi siswa.
Proses pembelajarannya menggunakan media (sumber belajar) dengan tepat, memperhatikan kondisi siswa dan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya.
Akan mudah apabila mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
Peran Teknologi Penyokong Pembelajaran Inovatif
Meningkatkan Aksesibilitas : teknologi membuka pintu akses ke berbagai sumber pembelajaran, memastikan siswa memiliki akses ke informasi terkini.
Personalisasi Pembelajaran : alat teknologi yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran individu, membantu siswa dengan kecepatan belajar masing-masing.
Fasilitator Kolaborasi : Platform dan aplikasi memungkinkan kolaborasi siswa, memperkuat keterampilan, sosial, dan kemampuan kerjasama.
5 M yang wajib ada dalam pembelajaran inovasi serta kegiatannya:
1. Menanyakan
- Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
Catt. Menjawab pertanyaan bisa membuat hal yang sangat berkesan bagi siswa.
2.Mengamati
- Mengidentifikasi contoh
- Pengamatan teks
- Menyajikan kasus
- Pemetaan dan pengalaman baru
3. Mengeksplorasi
- Menjelaskan
- Menganalisis
- Memecahkan
- Mengecek
- Menguji cobakan
4. Menganalisis/ Menalar
- Membandingkan
- Menyimpulkan
- Menentukan
- Memutuskan
5. Mengomunikasikan
- Melaporkan
- Menyajikan
- Mengekspresikan
- Menyebarluaskan
- Menginformasikan
Cara mengemas 5M dalam pembelajaran inovasi
1. Kenali Tujuan
2. Kenali Potensi Siswa
3. Kenali Materi Ajar
Aspek yang harus diperhatikan dalam pembelajaran inovatif :
- Perkembangan individu
- Kelompok sebagai sarana
- Faktual dan nyata
- Penilaian Autentik
- Kemandirian
Komponen penting dalam pembelajaran inovatif adalah:
1. Menggunakan multi metode pembelajaran
2. Menggunakan multimedia pembelajaran
Syarat Guru Inovatif adalah:
1. Suka membaca berbagai buku sumber
2. Banyak variasi media
3. Ramah dan akrab
4. Menyenangkan
5. Menguasai Karakteristik Siswa
6. Menggiring penguasaan materi
7. Perencanaan matang
8. Fasilitator
9. Pengevaluasian
How To Create Quality Schools?
A. Pendidikan Inovasi
Sekolah dapat menyediakan pelatihan dan pembelajaran khusus yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan inovasi. Ini dapat melibatkan pengajaran teknik desain, metode penemuan, dan pendekatan pembelajaran proyek.
B. Lingkungan Inovatif
Sekolah dapat menciptakan lingkungan yang merangsang dan mendukung inovasi. Ini dapat termasuk ruang kreatif, laboratorium riset, fasilitas tekhnologi yang canggih, dan teknologi antara siswa, guru, dan staf sekolah.
C. Mempersiapkan siswa dalam menghadapi dunia nyata.
Program inovasi membantu siswa mengembangkan keterampilan yang relevan dan dibutuhkan di dunia nyata. Mereka belajar untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan dalam konteks praktis, bekerja pada proyek-proyek nyata, dan memecahkan masalah yang relevan dalam masyarakat. Ini membantu mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dan kesempatan di dunia kerja yang inovatif.
D. Mendorong pengembangan teknologi dan inovasi
Program inivasi sekolah mendorong penggunaan teknologi dan pengembangan inivasi di berbagai bidang. Dengan melibatkan penggunaan alat dan aplikasi teknologi yang canggih, pelatihan dalam pemograman atau desain, serta eksplorasi ide-ide baru dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan bidang lainnya. Ini membantu siswa menjadi akrab dengan kemajuan teknologi dan siap menghadapi perkembangan masa depan
E. Program kewirausahaan
Sekolah dapat mengadopsi program kewirausahaan yang mendorong siswa untuk mengembangkan ide bisnis, meluncurkan usaha kecil. Ini membantu siswa untuk belajar tentang inivasi dalam konteks bisnis dan mempersiapkan siswa untuk menjadi pengusaha masa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar