Resum ke-2
Judul : Model Pembelajaran Inovatif dan Merarik Menuju Sekolah Berkualitas
Hari : Selasa, 26 Desember 2023
Nara Sumber : Nelly Aprianty, S. Si.,M.Pd (Pasilitator Guru Penggerak)
Model Pembelajaran Inovatif adalah suatu pendekatan atau metode pembelajaran yang menggunakan cara-cara baru yang kreatif dan mengedepankan pemikiran kritis, keterlibatan aktif, dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.
Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun dan mengembangkan pengetahuannya sendiri atau secara mandiri.
Dalam mewujudkan pembelajaran inovatif diperlukan adanya model pembelajaran, media pembelajaran, dan yang paling utama yaitu strategi pembelajaran.
Catt. Kreatif, inovatif, berdampak
Pembelajaran di abad 21 adalah pembelajaran yang memadukan kemampuan pedagogik dan teknologi merupakan pilihan yang dapat mengembangkan dunia pendidikan jadi bermakna sesuai zamannya.
Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) atau pengetahuan tentang isi atau materi pembelajaran, pwdagogi, dan teknologi merupakan konsep kerangka kerja yang menyinergikan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran (Koehler et. al., 2013)
7 Domain pengetahuan unsur TPACK menurut Kohler dan Mishra :
1. Technological Knowledge
2. Pedagogical Knowledge
3. Content Knowledge
4. Technological Pedagogical Knowledge
5. Technological Content Knowledge
6. Pedagogical Content Knowledge
7. Technological Pedagogical Content Knowledge
Adapun Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan TPACK adalah :
Pertama, guru terlebih dahulu menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa dilanjutkan dengan memberi motivasi sebelum pembelajaran dimulai.
Kedua, guru menyampaikan poin-poin materi yang akan disampaikan kepada siswa melalui bantuan teknologi, seperti melalui slide power point.
Ketiga, saat ini sedang diupayakan pembelajaran berbasis student center sehingga diharapkan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Dengan membentuk kelompok-kelompok kecil atau besar yang sebelumnya sudah dikomunikasikan melalui grup whatsapp. Ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan kelas sehingga tidak waktu belajar yang terbuang.
Keempat, guru memulai kegiatan pembelajaran dan mempersilahkan siswa untuk berpartisipasi aktif.
Kelima, setelah pembelajaran selesai, maka guru melakukan evaluasi untuk mengetahui apakah ada yang perlu diperbaiki, ditingkatkan, atau dihilangkan.
Keenam, untuk membakar semangat belajar, guru bisa memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mengikuti pembelajaran dengan baik.
Perencanaan yang matang sangat dibutuhkan dalam mendesain pembelajaran inovatif seperti :
1. Analisis kebutuhan
2. Identifikasi
3. Memilih model pembelajaran yang sesuai
4. Tentukan berbasis digital atau konvensional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar